Politik
Senin, 07 Oktober 2013 - 22:23:10 | shinta / sorotjogja

Perdais Induk Akhirnya Disahkan

Perdais Induk Akhirnya Disahkan
Sorot Jogja/Istimewa

Jogja, (sorotjogja.com)- DPRD DIY akhirnya merampungkan pembahasan Rancangan Peraturan Daerah Istimewa (Raperdais) Induk menjadi Perda Istimewa Induk dalam  Rapat Paripurna DPRD DIY, Senin (7/10/2013).

Ketua Panitia Khusus Pembahasan Perdais Esti Wijayanti mengatakan, pengembangan beberapa bab dan pasal menyebabkan tim kerja molor dari waktu yang ditentukan, yaitu tanggal 30 September mendatang.

"Terdapat beberapa perubahan yang siginifikan semula pembahasan hanya terdiri dari 7 bab 32 pasal berubah menjadi 9 bab 66 pasal. Hal ini untuk menyesuaikan tanggapan dan masukan dari masyarakat,  serta hasil rekomendasi dan  konsultasi dengan Pemerintah Pusat sesuai UU 13/2012 tersebut," katanya dalam sidang paripurna hari ini.

Menurut Esti, tidak ada lagi catatan  mengenai masalah pertanahan yang selama ini selalu diributkan oleh masyarakat. Pengaturan soal pertanahan akan diatur lebih detail akan  dibicarakn pada prolegda 2014. “Ini untuk mempercepat pembahasan perdais, pengaturan tentang masalah pertanahan akan diatur kembali di prolegda 2014,” jelasnya.

Sementara  Gubernur DIY Sri Sultan X mengungkapkan dirinya merasa lega akhirnya perdais dapat diselesaikan oleh DPRD DIY. "Perdais ini akan segera dibawa ke Jakarta untuk diserahkan kepada menteri keuanga," ujar Sultan.

Disinggung tentang kapan danais dapat dicairkan, Sri Sultan mengatakan dirinya tidak mengetahui kapan hal itu dapat dilakukan,karena hal tersebut merupakan kewenangan dari pusat. "Yang pasti danais sudah dianggarkan oleh pemerintah pusat, tinggal ditransfer setelah kita menyerahkan perdais. Namun kemungkinan danannya akan disesuaikan karena anggaran tahun ini tinggal dua bulan lagi," pungkasnya.

Baca juga :


HOT NEWS
bernas_jogja.jpgeltira.jpgsonora.jpg