Politik
Selasa, 01 April 2014 - 18:30:42 | renna-anggabenta / sorotjogja

Muluskan Pencapresan Jokowi, PDIP DIY Targetkan 35% Suara

Muluskan Pencapresan Jokowi, PDIP DIY Targetkan 35% Suara
Sorot Jogja/net

Jogja,(sorotjogja.com) -- Terkait dengan pencapresan Joko Widodo sebagai calon presiden, PDIP DIY mentargetkan 35% suara dalam pemilihan legislatif mendatang. Suara sebanyak ini nantinya diharapkan bisa menjadi modal utama bagi PDIP untuk mencalonkan secara resmi Jokowi untuk ikut bertarung memperebutkan RI-1 dalam pemilihan presiden mendatang.

Sesuai dengan peraturan Komisi Pemilihan Umum (KPU), partai politik atau gabungan partai politik berhak mencalonkan capres apabila mempunyai suara minimal 20% dalam pileg. Skenario ini muncul apabila nantinya partai berlambang moncong putih ini tak berkoalisi dengan partai manapun dalam pilpres.

Dipaparkan oleh Ketua DPD PDIP DIY, Idham Samawi, harapan mendapatkan 35% suara ini menurutnya sangat realistis. Pada Pemilu 1999 yang lalu, PDIP sempat mendapatkan 36% suara di wilayah DIY.

"Kita sangat serius dalam mempersiapkan Pemilu kali ini," jelas Idham ketika ditemui di Kantor DPD PDIP, Selasa (1/4/2014) siang.

Mantan Bupati Bantul ini juga mengakui, berdasarkan hasil kalkulasi politik dari internal DPP PDIP, masih ada sekitar 7 provinsi di mana PDIP tergolong lemah. Sehingga selain menggarap wilayah-wilayah yang masih lemah tersebut, PDIP juga terus memperkuat konsolidasi di wilayah-wilayah yang merupakan basis massa PDIP di mana DIY merupakan salah satunya. "Kita terus bekerja untuk minimal mendapatkan 20% suara nasional," tandasnya.

Sementara itu, ditambahkan pula oleh Sekretaris DPD PDIP DIY, Bambang Praswanto, pihaknya saat ini terus melakukan konsolidasi di kalangan kader maupun warga masyarakat untuk mencapai target perolehan 35% suara sebagaimana yang ditetapkan. PDIP DIY sendiri ditargetkan bisa meraup 3 kursi di DPR RI, 17 kursi di DPRD Tk I, dan 72 kursi untuk DPRD seluruh Kabupaten di DIY.

Dalam waktu dekat ini, pihaknya merencanakan akan menggelar 2 kampanye akbar pada tanggal 3 dan 5 April 2014 mendatang di Kota Yogyakarta dan Bantul. Dalam kampanye ini, akan dihadiri oleh jurkamnas PDIP, Ganjar Pranowo yang merupakan Gubernur Jawa Tengah. Mengenai kehadiran Jokowi sendiri masih belum bisa dipastikan lantaran masih menunggu jadwal dari yang bersangkutan.

"Untuk ibu Mega sudah dipastikan tidak datang karena beberapa waktu lalu kan juga sudah hadir ke sini," pungkas Bambang.

Baca juga :


HOT NEWS
bernas_jogja.jpgeltira.jpgsonora.jpg