Peristiwa
Senin, 20 Mei 2013 - 18:55:56 | shinta / sorotjogja

GUBERNUR DAN WALIKOTA SEPAKAT LAPORKAN PERUSAK GEDUNG SMA 17 KE POLISI
GUBERNUR DAN WALIKOTA SEPAKAT LAPORKAN PERUSAK GEDUNG SMA 17 KE POLISIGUBERNUR DAN WALIKOTA SEPAKAT LAPORKAN PERUSAK GEDUNG SMA 17 KE POLISISorot Jogja

Jogjakarta,(sorotjogja.com)--Pemerintah Kota Jogjakarta akan melaporkan perusak gedung cagar budaya SMA 17. Walikota Jogjakarta, Haryadi Suyuti mengatakan berkas pelaporan pengrusakan sedang disiapkan dinas pariwisata kota Jogja."Saat ini kami sedang dalam proses pelaporan kepada pihak berwajib. Dan saya mendukung pelaporan tersebut, karena gedung tersebut memang masuk gedung Cagar Budaya golongan C." katanya.

Sementara gubernur DIY Sri Sultan HB X mendukung pelaporan yang dilakukan yang dilakukan pemerintah kota. Sultan menyatakan perusakan dan pembongkaran gedung SMA dan SMP 17 sudah melanggar SK Gubernur No. 210/KEP/2010."Saya dukung pelaporan yang dilakukan Pak Haryadi. Itu adalah wewenang pemerintah kota  Jogja. Tapi jika membutuhkan bantuan provinsi, kami siap saja membantu." tegasnya.

Pada hari Sabtu,11 Mei lalu, sekelompok orang melakukan perusakan gedung cagar budaya SMA 17. Pembongkaran dan perusakan yang dilakukan secara bertahap menyebabkan bangunan BCB kategori C tersebut hanya menyisikan tembok-tembok.Berdasarkan hasil investigasi yang dilakukan Masyarakat Advokasi Warisan Budaya (MADYA), bangunan yang selama ini digunakan proses belajar mengajar sekolah SMA dan SMP 17, mengalami kerusakan hingga 70 persen. Perusakan dilakukan pada bagian depan gedung, aula, dan sisi bangunan sebelah selatan.

Berita Terkait :


HOT NEWS
bernas_jogja.jpgeltira.jpgsonora.jpg